5 Tips Aman Menikmati Menu Lebaran

ResepEmak – Momentum lebaran tak lengkap tanpa menu makanan. Dalam beberapa hari, kita akan sering dihadapkan dengan makanan khas lebaran seperti, opor, gulai, dan kari. Namun bagi beberapa orang, menu makanan saat lebaran layaknya penjahat yang siap mengancam tubuh kapan saja. Khususnya penderita penyakit diabetes, kolestrol, hipertensi, asam urat dan para ibu hamil. Namun, jangan khawatir, bagi kamu penderita penyakit tersebut. Berikut ini 5 aman menikmati menu lebaran

1.Atur Porsi Makan
Tubuh membutuhkan penyesuaian setelah sebulan berpuasa. Jangan memaksakan diri makan dengan porsi besar. Makananlah sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Kita dapat kembali ke pola makan normal secara perlahan-lahan.

2.Batasi makanan mengandung lemak jahat
Opor ayam, rendang, dan kari banyak mengandung minyak dan santan, dimana minyak dan santan mengandung lemak jahat yang tinggi. Makanan seperti di atas, dapat membuat kadar LDL (kolestrol jahat) melebihi kadar HDL (kolestrol baik) dalam tubuh. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menyantapnya, hanya saja perlu dikontrol porsinya.

3.Mengubah pola menu makan
Cobalah hidangkan nasi merah, pasta, atau roti gandum disamping makanan bersantan seperti opor.  Pola makan ini sangat cocok dengan penderita diabetes.

4.Kurangi porsi makanan manis
Dengan mengurangi makanan manis seperti kue kering dan permen, kamu bisa mengontrol gula darah kamu.

5.Banyak mengkonsumsi air putih
Hindari softdrink, banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih. Seperti yang dilansir dari laman dokita.co, lebih baik mengkonsumsi yogurt atau susu rendah lemak  agar dapat menambah protein dan kalsium dalam tubuh.

Itu dia 5 tips aman menikmati menu lebaran. Jadi, tidak perlu khawatir lagi mengkonsumsi menu selama lebaran berlangsung.

sumber : muslimahdaily.com

Tinggalkan Balasan