About Us

Hidangan Terbaik di Indonesia, Jika pantai yang masih alami, kuil kuno, dan hutan hujan hijau tua tidak cukup untuk menarik Anda ke Indonesia, pertimbangkan untuk pergi ke sana untuk mencari makanan. Dengan pengaruh kuliner dari Cina, India, dan Timur Tengah, Indonesia menawarkan beberapa rasa yang paling intens dan hidangan berwarna-warni di dunia.

Makanan Indonesia juga memiliki kelezatan yang tinggi. Misalnya, dalam jajak pendapat CNN peringkat 50 makanan terbaik di dunia, Indonesia membuat daftar tidak hanya sekali, tetapi tiga kali dengan sate, nasi goreng dan rendang. Tidak yakin apa hidangan itu? Anda akan segera.

Pelajari lebih lanjut tentang kelezatan kuliner terbaik dan fakta makanan resep emak Indonesia yang menarik saat Anda mengenal kepulauan terbesar di dunia itu. Anda akan bertanya-tanya bagaimana Anda bertahan begitu lama tanpa kenikmatan manis dan pedas dari masakan Indonesia.

Hidangan Terbaik di Indonesia

Makanan Indonesia Yang Wajib Kamu Coba

Siap membawa imajinasi Anda dalam petualangan kuliner? Dengan kelimpahan buah-buahan tropis, sayuran, dan rempah-rempah, Indonesia menawarkan hidangan yang semarak dan menarik yang akan diimpikan oleh lidah Anda lama setelah perjalanan Anda. Berikut adalah makanan yang tidak ingin Anda lewatkan dalam perjalanan Anda ke negara Asia Tenggara yang mempesona ini.

1. Sate Indonesia

Apakah membayangkan daging sate yang segar dari panggangan membuat mulut Anda berair? Sate, atau sate, adalah makanan jalanan Indonesia yang populer karena suatu alasan. Umumnya, sate terdiri dari daging yang diasinkan seperti ayam, kambing, atau sapi yang ditusukkan ke tusuk sate bambu dan dipanggang hingga sempurna di atas bara panas. Di daerah pesisir, Anda dapat menemukan sate seafood yang disiram saus yang terinspirasi dari pulau.

Meskipun metode memasaknya berbeda di setiap daerah, daging pilihan biasanya direndam dalam pasta yang mengandung bahan-bahan seperti jahe dan kunyit selama beberapa jam. Setelah daging menyerap bumbunya, dimasak di atas bara panas sampai setiap bagian membentuk arang yang lezat. Sate ayam, atau sate ayam, adalah versi paling populer dari makanan pokok Indonesia ini dan biasanya disajikan dengan lontong, saus kacang, dan mentimun. Anda juga dapat mengharapkan gerimis kecap manis –– kecap manis Indonesia.

2. Rendang Daging Sapi

Rendang daging sapi dikenal di seluruh dunia karena rasanya yang kaya, pedas, dan proses memasaknya yang memakan waktu. Dianggap sebagai salah satu makanan terlezat di dunia oleh poll taker CNN, Anda harus mencoba rendang di Indonesia setidaknya sekali.

Berasal dari Sumatera Barat, rendang biasanya dibuat dengan daging tenderloin yang dimasak perlahan dengan santan kental yang dibumbui bumbu. Biasanya, hidangan direbus hingga 7 jam dengan api kecil, sehingga dagingnya melunak dan menyerap rasa dari bahan-bahan seperti bawang putih, cabai merah, dan daun jeruk purut. Diyakini bahwa para pedagang India menginspirasi rendang ketika mereka membawa kari India ke Sumatera Barat, dan kabarnya, hidangan tersebut sudah ada di Sumatera Barat sejak abad kedelapan.

Rendang adalah hidangan favorit yang sering disajikan pada acara-acara khusus. Dikatakan bahwa rendang membutuhkan kesabaran, ketekunan dan kebijaksanaan untuk memasak. Sebagai seorang musafir, satu-satunya tugas Anda adalah menikmati setiap gigitan secara perlahan dan membagikan kisah Anda setelah Anda berlayar kembali ke rumah.

3. Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Indonesia, khususnya di kota Yogyakarta. Bahan utama dari rebusan unik ini adalah nangka. Nangka direbus dalam santan, gula aren dan rempah-rempah. Anda berakhir dengan hidangan manis, buah, dan sedikit pedas yang mungkin tidak seperti apa pun yang pernah Anda rasakan sebelumnya.

Gudeg dapat disajikan kapan saja sepanjang hari. Jika Anda menginginkan pengalaman yang benar-benar otentik, pastikan untuk memesan gudeg Yogya asli, atau “gudeg Yogya asli”. Gudeg asli terdiri dari beberapa hidangan yang disajikan dalam satu piring seperti:

  • nangka rebus
  • ayam dalam santan
  • kulit kerbau yang renyah
  • dan nasi

Setelah potongan-potongan itu disusun di atas piring, mereka menerima sesendok besar kelapa kental yang kental.

Anda akan menemukan dua versi gudeg kering di Yogyakarta, yang kuahnya lebih kental dan biasanya disajikan di siang hari, dan gudeg basah, yang lebih kental disajikan di malam hari. Baik Anda menikmati sepiring gudeg Yogya asli yang menenangkan sebelum seharian menjelajah. Atau lebih suka mencoba gudeg sambil bersantai, Anda tidak boleh melewatkan makanan khas Yogyakarta ini jika Anda berada di kota.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah hidangan Indonesia lainnya yang dianggap sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia oleh pengambil jajak pendapat CNN. Dan Nasi goreng adalah hidangan nasi goreng, dan sangat populer di Indonesia, ini adalah salah satu hidangan nasional. Yang membedakan nasi goreng dengan nasi goreng lainnya adalah penggunaan kecap manis dan terasi. Kecap manis memberikan rasa manis yang tak tertahankan pada nasi, dan terasi, menambahkan ledakan rasa umami yang membuat ketagihan. Apa yang Anda dapatkan adalah sepiring penuh rasa manis dan asin yang seimbang.

Nasi goreng dibawa ke Indonesia oleh pendatang Cina ribuan tahun yang lalu. Hidangan ini berkembang berkat praktik Tiongkok untuk tidak membuang sisa makanan. Sebaliknya, sisa makanan seperti nasi, daging, dan sayuran disiapkan dan dimakan pada waktu makan berikutnya. Karena nasi goreng berasal dari sisa makanan, Anda dapat menemukan variasi yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun nasi goreng bervariasi tergantung dari mana Anda mendapatkannya, Anda biasanya dapat mengharapkannya untuk memasukkan telur, nasi goreng, dan daging atau makanan laut. Pedagang kaki lima sering menyajikan nasi goreng dengan acar dan kerupuk.