Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat

Jawa Barat Terkenal Karena Makanan Khas nya Yang Enak Banget

Pada intinya makanan ciri khas Jawa Barat mempunyai rasa yang pedas. Ini karena Jawa Barat benar-benar sama dengan udaranya yang dingin dan sejuk.

Hingga adanya makanan pedas bisa menghangatkan badan secara alami. Walau demikian di Jawa Barat ada makanan yang tidak pedas.

Cumi Hideung

Cumi hideung adalah makanan tradisionil Jawa barat yang dibuat berbahan landasan cumi-cumi.

Dengan bahasa Indonesia cumi hideung ini disimpulkan dengan panggilan cumi hitam. Seperti namanya cumi hitam, jadi tidak bingung bila cumi ini diolah sekalian dengan tinta hitamnya hingga membuat berwarna jadi hitam.

Baca Juga: Makanan Khas Jawa Timur

Walau diolah dengan tinta-tintanya, tetapi anda tak perlu cemas berkenaan rasanya. Sebab rasa cumi hideung ini telah bisa dibuktikan memiliki rasa yang paling mengagumkan nikmatnya.

Surabi

Surabi atau umum dikenali dengan panggilan serabi adalah makanan yang terbanyak disukai dan dicari oleh warga sebab mempunyai rasa yang paling nikmat. Surabi ciri khas Jawa Barat ada 2 tipe yaitu surabi asin dan surabi manis.

Pada intinya surabi manis dihidangkan dengan kinca gula merah yang dibuat dari olahan gula pasir, gula merah, daun pandan dan santan. Sesaat surabi asin ini memakai beberapa bahan seperti surabi manis cuman untuk membuat surabi asin harus ditambah kombinasi oncom dibagian atasnya. Surabi ciri khas Jawa Barat ini umumnya dihidangkan selaku kudapan makan pagi.

Combro

Combro adalah tipe makanan ciri khas Sunda yang dibuat berbahan singkong dan oncom. Combro sendiri adalah kepanjangan dari oncom yang di jero atau ada oncom didalamnya. Cara membuat combro cukup gampang yaitu dengan singkong diparut.

Sesudahnya singkong itu dibuat lonjong atau bundar dan di dalamnya dimasukkan atau diisikan dengan sambal oncom. Seterusnya tinggal anda goreng dan bisa disajikan.

Rujak Kangkung

Pada intinya rujak adalah olahan dari buah-buahan yang ditaburkan dengan bumbu kacangnya. Tetapi, bila anda mengulas menganai rujak ciri khas Jawa Barat tentu saja berlainan dengan hancur biasanya.

Sebab hancur ciri khas Jawa Barat ini memakai bahan khusus untuk pembikinannya adalah kangkung. Hingga tidaklah aneh bila rujak ini diberi nama dengan rujak kangkung. Karakter dari rujak kangkung ini tidak berair atau kering sehingga membuat bumbu rujak ini serasa makin pedas

Untuk pengerjaan rujak kangkung ini memakai beberapa bahan yang lumayan sederhana yaitu asam jawa. Perlu anda dijumpai, yang membuat rujak kangkung ini berasa pedas dan asam adalah satu bumbu olahan dari asam jawa itu.

Lotek

Lotek adalah salah satunya makanan ciri khas Jawa Barat yang nyaris seperti pecel. Sebab makanan lotek ini dibuat dari sayur fresh yang direbus dan disiram dengan memakai topping sambal yang telah digabungkan dengan bumbu kacang.

Lotek ciri khas Jawa Barat memiliki keunikannya tertentu sebab bahan sambal yang dipakai selaku topping itu kerap digabungkan dengan terasi, tempe, bawang putih dan gula merah.

Walau demikian, lotek ciri khas Jawa Barat ini memiliki rasa yang sedikit lebih manis dibanding dengan pecel biasanya. Makanan yang ini benar-benar nikmat jika dihidangkan bertepatan dengan lontong atau nasi hangat.

Doclang

Doclang adalah makanan yang dibuat berbahan landasan tahu, kentang, ketupat, telor dan bumbu kacang. Makanan ini memiliki cita-rasa yang paling ciri khas, hingga tidaklah aneh bila makanan ini benar-benar direferensikan untuk anda yang tidak pernah rasakan kulineran ciri khas Jawa Barat yang ini.Daun patat digunakan untuk membungkus doclang untuk ketupat, penyajiannya disajikan dengan sesederhana itu

Doclang ini jadi salah satunya tipe makanan yang memiliki nutrisi yang memandai untuk badan. Kerupuk digunakan sebagai teman doclang agar rasanya menjadi semakin nikmat dan kriuk

Karedok

Karedok adalah tipe makanan yang nyaris serupa seperti pecel. Namun bahan untuk pengerjaan koredok ini tak perlu direbus. Hingga tidaklah aneh bila koredok kadang dikatakan sebagai salah satunya tipe salad tradisionil.

Umumnya untuk konsumsi koredok ini akan digabungkan dengan ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong. Sesaat untuk bumbu kacang yang dipakai pada karedok nampak hampir serupa dengan bumbu kacang pecel yaitu dibuat dari beberapa bahan olahan cabai merah, kencur, bawang putih, air asam, garam, gula merah, terasi dan kacang tanah.

Empal gentong

Empal gentong adalah makanan ciri khas Jawa Barat ataupun lebih persisnya makanan yang dari Cirebon. Makanan yang ini memakai bahan khusus daging sapi yang diolah di dalam gentong spesial, dan umumnya diolah secara tradisionil atau dengan memakai kayu bakar.

Hingga tidaklah aneh bila empal gentong ini memiliki cita-rasa yang paling lezat dan wewangian yang paling kuat. Empal gentong jadi salah satunya makanan yang paling direferensikan sebab memilliki rasa yang paling lesat dan nikmat.

Peuyeum

Peuyeum adalah salah satunya tipe camilan atau camilan manis ciri khas Jawa Barat. Peuyeum dibikin dengan memakai bahan landasan singkong yangs telah difermentasi. Tape singkong adalah sinonim dari peuyeum karena proses pembuatannya melalui tahapan fermentasi terlebih dahulu.

Pada intinya singkong itu akan dikukus dan diberi dengan ragi yang bermanfaat untuk menggairahkan perkembangan jamur pada buah singkong itu. Peuyeum ini dapat anda konsumsi selaku camilan pengganjal perut yang bisa membuat anda berasa suka.

Cireng

Cireng merupakang makanan ciri khas Jawa Barat yang paling terkenal dan populer dilapisan warga lokal dan beberapa pelancong asing. Cireng ini jadi camilan atau camilan yang dapat disebutkan lumayan murah. Perlu anda kenali, cireng ini dibuat berbahan landasan tepung terigu, tepung tapioka, garam, bawang putih dan merica bubuk.

Umumnya cireng ini kerap dimakan dengan memakai bumbu kacang atau sambal yang lain. Tetapi sekarang ini cireng juga ada dalam bermacam tipe seperti rasa cireng rasa sapi, keju, ayam, sois, teriyaki dan BBQ. Perihal ini pula yang membuat cireng jadi salah satunya tipe makanan yang paling nikmat dan dapat direferensikan untuk beberapa pencita kulineran ciri khas Jawa Barat.

Sate Maranggi

Indonesia memang lumayan populer dengan bermacam makanan yang mempunyai cita-rasa yang nikmat seperti sate. Sate sendiri jadi salah satunya makanan yang cukup go-international, hingga tidaklah aneh bila sate jadi makanan yang cukup terkenal di Indonesia dan luar negeri.

Nah, tahukah anda, bila sate yang dibuat dari masakan daging sapi ini berawal dari Indonesia ataupun lebih persisnya di Jawa Barat. Sate ciri khas Jawa Barat ini dibikin dengan memakai bumbu kecap manis, walau demikian sate ini memiliki rasa yang paling pedas. Sate ciri khas Jawa Barat ini dikenali dengan panggilan sate maranggi yang memiliki wewangian yang paling ciri khas sebab dibikin dengan memakai ketan bakar yang cukup renyah.